Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Terbaik di 2021

Walaupun selagi ini tersedia sejumlah model HP tahan terkena air, tapi elemen ini tetap menjadi momok menakutkan bagi beberapa besar produk HP yang beredar di pasaran sementara ini. Ada langkah menangani HP kemasukan air, menjadi jangan pernah panik, anda mampu melakukan langkah pencegahan.

Saat HP terkena air, biasanya kamu bakal panik dan buru-buru menyalakannya untuk menegaskan HP kamu rusak atau tidak, nah – sebaiknya perihal ini jangan dijalankan jikalau air masih membasahi anggota di dalam HP.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air November 2021

Alih-alih HP anda menyala yang ada justru HP anda bakal rusak karena air benar-benar bertolak belakang dengan komponen elektronik yang ada di didalam HP. Jika HP kena air matikan dan lepaskan SIM card, memory card dan juga baterainya.

Jika anda mempunyai pengalaman didalam membongkar komponen HP, bongkar dan lepaskan komponennya satu persatu, selanjutnya letakan di atas kain yang kering dan pastikan air yang membasahi komponen tersebut di bersihkan hingga kering.

Jangan lupa, lap dan membersihkan body anggota luar dan layar LCDnya. Lakukan perihal ini dengan hati-hati dan jangan kerap menggerakan HP untuk menjauhi masuknya air ke komponen anggota dalam.

Jangan meniup HP kamu, sebab mungkin air bakal masuk kebagian dalam, hendaknya memakai vacuum cleaner untuk menarik air muncul berasal dari sela-sela yang susah dijangkau.

Tunggu dulu! Kamu jangan buru-buru menyalakan HP, pastikan semua anggota HP kamu telah benar-benar kering. Untuk mengeringkan terkecuali HP kena air, salah satunya ialah bersama dengan menaruhnya di didalam beras semalaman.

Kenapa harus beras? sebab beras mampu menyerap kelembapan dengan lebih cepat, selain itu beras lebih ringan didapatan apalagi di dapur tempat tinggal tetangga, eh.

Selain beras anda sanggup memanfaatkan silica gel yang biasa tersedia di dalam kemasan obat-obatan atau belanja silica gel di apotik.

Jika semua cara diatas sudah dilalui, agen slot pulsa tanpa potongan maka sasatnya untuk membangkitkan HP kamu. Jika HP kena air bisa menyala dengan normal berarti anda tidak mesti membeli hpe baru sebagai pengganti.

Untuk mencegah kerusakan yang lebih kronis maka anda perlu jalankan hal-hal berikut ini cara menangani kecuali HP kemasukan air:

Jangan menyalakan HP waktu terkena air, karena perangkat elektronik terlampau bertolak belakang dengan air

Jangan menghubungkan HP ke sumber listrik

Jangan menghimpit tombol apapun, dikarenakan kala tombol ditekan keungkinan air bakal tambah masuk ke bagian dalam HP

Jangan menggerakan HP benar-benar ekstrim untuk menghambat masuknya air ke komponen bagian lebih dalam

Jangan panaskan HP bersama hairdryer dengan suhu terlalu berlebih karena udara panas justru akan menyebabkan kerusakan komponen HP itu sendiri.

Oh ya, untuk amannya, membuat yang memang butuh HP anti air sebetulnya banyak perangkat yang ada di pasaran bersama sertifikasi memadai. Mulai dari perangkat yang tahan percikan hingga sanggup dibawa menyelam sampai kedalaman tertentu.

Jika tetap penasaran, tersebut alur pengamanannya.

1. Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air sanggup masuk ke di dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit seperti lubang jack earphone atau charger. Jika ponselmu terjatuh ke dalam genangan air, tentu saja perihal pertama yang perlu anda melakukan adalah segera mengangkat ponsel berasal dari di dalam air secepat mungkin.

Hal ini untuk jauhi kemungkinan tambah banyak air yang sukses merembes masuk ke dalam ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, langsung jauhkan dari sumber air tersebut. Dan jika terkena air dalam kondisi tengah di-charge, sebaiknya lepaskan lebih-lebih dahulu baru ambil ponsel untuk menjauhkan risiko kamu kesetrum.

2. Jangan Langsung Menyalakan HP

Cara menangani HP kemasukan air selanjutnya adalah jangan langsung menyalakannya. Kebanyakan orang yang panik bakal langsung menyalakan ponsel untuk mengecek apakah ponsel berikut masih senantiasa dapat berfungsi normal dan tidak terkena rusaknya kronis karena air.

Padahal, pas terkena atau terendam air, kemungkinan besar air telah ada yang masuk ke di dalam sebagian bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya kecuali segera anda nyalakan, dapat rentan berlangsung korsleting yang mengakibatkan kerusakan ponsel lebih jauh. Jika ponsel berada di dalam keadaan hidup, juga langsung matikan segera untuk jauhi risiko tersebut.

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah berikutnya, langsung lepaskan komponen yang mampu dilepas. Jika ponselmu masih bukan tergolong model baterai tanam, anda bisa langsung melewatkan baterai, kartu SIM, dan memory card yang terpasang di ponsel. Hal ini punya tujuan untuk menghindar rusaknya lebih lanjut di area-area tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan case atau cover dan casing ponsel yang terpasang untuk menunjang mengimbuhkan «jalan keluar» bagi air dan memudahkan sistem pengeringan.

4. Lepaskan Casing, SIM Card, dan Memory Card Jika HP Pakai Baterai Tanam

Melepaskan perangkat yang menempel adalah cara selanjutnya. Namun dikarenakan baterai dan casing terhadap ponsel bersama baterai tanam tidak bisa di lepaskan bersama mudah, lepaskan saja bagian yang dapat di lepaskan layaknya kartu SIM dan memori dari tempatnya. Buka semua penutup yang tersedia di ponsel layaknya wadah SIM atau penutup jack earphone.

Jangan sekali-kali melepasnya bersama paksa bahkan terkecuali kamu tidak miliki pengalaman membongkar ponsel yang baik, sebab didalam ponsel udah terdapat Liquid Damage Indicator (LDI). Jika LDI rusak mampu membuatmu kehilangan garansi dan tentunya berisiko menimbulkan kerusakan lainnya.

5. Keringkan Seluruh Bagian HP

Kemudian keringkan seluruh anggota ponsel baik luar maupun dalam. Yang pertama harus kamu pastikan langsung kering adalah bagian layar atau LCD. Sebab bagian ini adalah yang paling rentan rusak kecuali terkena air. LCD berisi filamen lunak dan kebanyakan tidak tahan pada kelembaban air, dan jika dibiarkan basah benar-benar lama bisa muncul titik atau flek hitam di anggota layar LCD ponsel.

Kamu mampu memakai lap kering yang enteng menyerap air atau gunakan penghisap udara layaknya vacuum cleaner. Tapi jangan mengarahkan corong terlalu dekat sebab sanggup membuahkan listrik statis yang pastinya lebih beresiko dari air. Selain itu, menjemur di bawah cahaya matahari segera terhitung tidak dianjurkan sebab amat panas dan terhitung mampu mengakibatkan kerusakan LCD atau layar seumpama dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

6. Kubur HP ke Dalam Beras Beberapa Hari

Salah satu langkah mengeringkan HP yang kemasukan atau terkena air adalah bersama dengan merendamnya di beras kering.

Cara unik ini terbilang cukup ampuh, karena beras punya karakter menyerap kelembapan yang mendukung penyerapan air berasal dari di dalam ponsel dengan lebih cepat dan mudah. Berikut langkah yang tepat untuk merendam ponsel yang terkena air di dalam beras:

Ambil kantong plastik atau ziplock, isikan bersama dengan satu mangkok sedang beras kering dan bersih. Letakkan bagian-bagian ponsel layaknya baterai, kartu SIM dan memori, serta bagian bodi ponsel ke di dalam kantong tersebut. Ikat atau tutup dengan kencang. Diamkan sepanjang setidaknya 2-3 hari, baru sesudah itu cek apakah ponsel mampu dinyalakan.

7. Gunakan Silika Gel untuk Menyerap Kelembapan

Selain beras, kamu termasuk mampu memanfaatkan silika gel karena sama-sama punya karakter menyerap kelembapan. Pada perangkat elektronik, silika gel termasuk dipercaya sanggup menghindar kondensasi atau pengembunan.

Hampir serupa dengan cara mengeringkan memakai beras, kubur bagian-bagian ponsel yang udah lepas di di dalam tumpukan silika gel. Diamkan selama sebagian hari untuk menegaskan seluruh air telah terserap dan amat kering.

8. Keringkan HP bersama Lap yang Menyerap Air

Kalau kamu risau untuk mengibaskan ponsel sebab risiko air yang sanggup menyebar ke komponen lain, anda termasuk mampu langsung mengeringkan ponsel menggunakan lap yang mudah menyerap air.

Pastikan lap kain ini sangat mampu menyerap air dan dalam keadaan kering. Dan selagi mengeringkan, cukup tempelkan secara perlahan ke anggota yang terkandung air atau basah dan tidak kudu menggosoknya sebab dapat menyebarkan air.

Bagian pertama yang mesti anda keringkan adalah anggota luar, terutama LCD atau layar karena bagian ini paling rentan pada air. Baru sesudah itu bagian lainnya seperti lubang konektor charger dan earphone.

9. Minyak Kayu Putih Juga Bisa Dijadikan Alternatif

Alternatif untuk menghambat terjadinya korosi atau karat pada besi adalah memakai thinner atau minyak kayu putih. Bersihkan beberapa komponen ponsel bersama memanfaatkan sikat gigi atau kuas berbulu lembut untuk mengaplikasikannya.

Sebisa mungkin jangan menggunakannya terlalu banyak gara-gara dapat membuatnya mengendap di dalam komponen berikut dan malah merusak.

Nah itulah langkah menangani HP kemasukan air atau terkena air di November 2021.

Updated: 8. november 2021 — 10:43

The Author

mikkilomas58434

Legg igjen en kommentar

Din e-postadresse vil ikke bli publisert. Obligatoriske felt er merket med *

Den Norske Klubben Torrevieja, Calle Almudena 46, 03182 Torrevieja ~ Tlf 96 571 63 26 ~ E-mail: info@dnkto.com